Trik Atasi Rem Belakang Spin Bagel, Pakai Jurus Mix Yamaha-Suzuki

Jakarta – Jangan main-main dengan fungsi rem. Buat semua kendaraan, termasuk skutik, peranti itu sangat vital. Jadi harus benar-benar diperhatikan, tentu kalo kamu masih sayang nyawa.

“Nah, kebetulan, gue sering denger keluhan dari teman-teman anggota Spin Community, kalo rem belakang Spin itu bagel,” ujar Dwi Indra S, yang juga salah satu anggota klub Suzuki Spin.

Atasi rem belakang spin

Oh ya, biar gak salah kaprah, baiknya kita samakan arti dari kata bagel itu. Menurut H. Bojong, mekanik dari Khatah Motor (KM) di daerah Condet, Jaktim, kondisi rem bagel bisa bermakna bahwa kinerja rem yang kurang sensitif saat tuas rem itu ditarik.

Tapi, bukan berarti rem yang gak sensitif berarti enggak pakem. “Karena rem yang bagel itu, masih bisa ngerem dan ban mengunci kalo tuasnya ditarik full,” tambah pria yang kerap bongkar motor matik ini. Terus, kalo ngalamin kayak gitu, solusinya gimana dong? “Pastinya, diganti dong peranti pendukungnya,” tambah Dwi.

Maksud pria ramah ini, “Ada mekanismenya yang kudu diganti, misal pakai punya Suzuki Skywave. Yakni, tuas rem, rumah handle, kabel rem belakang dan paha rem dari Yamaha Mio berikut kampas rem belakang RX-King,” urainya.

Nah, untuk pemasangannya, baca saksama ulasan berikut. Oke! Yuk, kita lihat perpaduan part antara Yamaha dan Suzuki.(motorplus.otomotifnet.com)

1. Siapkan obeng kembang, kunci T-10 dan jangan lupa siapkan spare-part-nya ya! Sudah? Gunakan obeng kembang untuk membuka 5 baut yang ada di batok depan. Dilanjutkan menarik batok itu secara perlahan, karena klem atau pengikat pada peranti itu mudah patah dan bikin renggang batok

2. Masih pake obeng kembang. Biar gampang melepas kabel remnya, kendurkan dulu setelan rem belakang dengan mengungkit pada celah paha rem, agar baut pengikatnya bisa dilepas. Sehabis itu, baru lepas kabel rem dari rumah handle

Atasi rem belakang spin 2

3. Pasang kabel rem dan tuas berikut rumah handle Skywave. Caranya? ”Lepas kabel rem yang lama, lalu ikatkan kabel rem yang baru pake tali plastik. Habis itu, tarik kabel rem dari belakang. Trus, pasang handle rem berikut rumahnya,” kata pria yang suka dipanggil H. Bojong ini

4. Om, kabelnya nyangkut nih? Tenang! Katanya, kalo tersangkut atau susah ditarik, caranya dengan membuka dek bawah pake obeng kembang sisi kiri motor. Lalu, lihat di mana yang nyangkut, tarik perlahan,” tambahnya

5. Untuk part Yamaha. Gunakan kunci T-10 buat membuka baut di paha rem asli dan ganti punya Yamaha Mio. Biar lebih gampang memutar setelan di paha rem, bautnya diganti baut model kupu-kupu. Jadi, bukanya gak perlu pakai kunci, cukup diputar 3 jari. Enteng ya!

Data tersebut diambil dari motorplus.otomotifnet.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: