Pasang Sendiri Breket Box Honda Vario Techno 125, Gampang!

Pasang sendiri breket vario 125 1

Biasanya bawa barang saat jalan jauh jadi extra banyak. Daripada gunakan kayu atau bambu untuk membawa barang bawaan, baiknya aplikasi box atau cukup gunakan breket box-nya saja tanpa box agar lebih simpel.

Nih, buat pembesut Honda Vario Techno 125 PGM-FI, bisa bikin sendiri. Untuk breket Vario 125, biasanya dijual Rp 150 – 450 ribu. Karena masih terbilang susah untuk mencari breket khusus Vario 125, bisa manfaatkan breket box untuk Yamaha Scorpio Z (Gbr. 01).

“Bentuk alur breket untuk posisi baut hampir sama, tinggal penyesuaian pembikinan dudukan baut di breketnya saja,” bilang Wahidin, dari Anggrek Motor. Namun, karena sasis Vario untuk dudukannya menjorok ke dalam, sehingga harus dibuatkan bushing terlebih dahulu. Itu agar breket box bekas Yamaha Scorpio bisa terpasang kuat.

Dudukan belakang, dibikinkan pelat yang terbuat dari pelat besi tebal 4 mm. Besi ini dilas menggunakan las listrik agar kuat. “Agar tidak merusak bodi belakang, dibuatkan busing yang terbuat dari pipa 8 mm panjang 1,2 cm,” bilangnya.

Pasang sendiri breket vario 125 2

Untuk bautnya, masih bisa menggunakan baut standar bawaan untuk mengikat breket. Sedangkan untuk dudukan baut depan di sebelah kiri dan kanan, dibikinkan dari pelat besi tebal 6 mm (Gbr. 02). Dibikin lebih tebal, sehingga kuat menahan.

Karena sasis menjorok ke dalam, bushing dibikin panjang 8 cm yang terbuat dari besi pipa diameter 8 mm (Gbr. 03). Bikin 2 buah, untuk kiri dan kanan. Sebagai baut pengikat, gunakan baut L 12 panjang 10,5 cm di sisi kiri-kanan (Gbr. 04). Agar lebih enak dipandang mata, gunakan finishing touch lewat painting.

Oh ya! Kalau sobat ogah pakai braket buat Scorpio Z, Wahidin kasih option tuh! Ya, bikin breket box tipe geser buat Vario 125 yang dibandrol hanya Rp 300 ribu saja. “Soal bahan pastinya kuat,” bilang bos Anggrek Motor yang stay di Jl. HOS Cokroaminoto No. 1C, Kreo, Larangan, Ciledug, Tangerang.

Dengan aplikasi breket box atau plus box-nya, tentu mudik akan lebih simple. Bukan hanya untuk pembesut Vario 125 saja yang musti ikutin, motor merek lain juga boleh. Riding aplikasi breket box, lebih aman ketimbang pakai kayu atau bambu untuk membawa barang bawaan.

Betul begitu? (motorplus-online.com)

Advertisements
This entry was posted in Serba-Serbi Otomotif and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s