Substitusi Kampas Kopling Satria F-150, Performa Naik dan Awet!

Subtitusi kampas 1

Sobat yang nyemplak Suzuki Satria F-150, ada tips menarik. Alfa Alwiar, mekanik yang bertugas di dealer Suzuki Mahkota Inti Sejahtera Depok, Jawa Barat, punya cara jitu dan simpel buat memaksimalkan kinerja kopling.

Cara ini sebenarnya telah lama muncul. Namun seiring bertambah pesatnya pengguna Satria F-150, trik ini kembali marak. “Ganti aja kampas koplingnya pakai Suzuki RGR 150. Dijamin lebih enak dan entakan lebih terasa,” tandasnya.

Pemasangannya gampang sob, nggak perlu bubut sana-sini untuk aplikasinya. Karena selain ukurannya sama, ketebalan kampas kopling juga sama persis. Jadi, tinggal plek langsung digas lagi tunggangannya.

Menurut si mekanik, kampas kopling milik Suzuki RGR bisa bekerja lebih baik. Karena dirancang khusus untuk mendapatkan traksi lebih buat imbangi karakter mesin 2-tak yang responsif.

Dilihat kasat mata, bahan yang digunakan juga nampak berbeda. Milik RGR tampak lebih rapi dan lebih kuat dibanding milik Satria F. Karena hingga saat ini, kampas kopling RGR masih diimport langsung dari Jepang.

Subtitusi kampas 2

Selain milik RGR, kampas kopling Suzuki TS 125 juga bisa jadi rujukan. “Tetapi, yang sudah-sudah, kampas kopling RGR bisa lebih tahan lama. Paling terasa kalau dipasang di motor korekan, kampas kopling RGR lebih kuat,” ujar makanik yang akrab dipanggil Ocem ini.

Masalah harga, selembar kopling RGR bisa dibeli seharga Rp 59 ribu. Jadi, sobat harus keluarkan kocek berkisar Rp 295 ribu untuk menebus 5 lembarnya.

Sedangkan untuk satu set kampas kopling Satria F-150 buatan lokal, hanya dibanderol Rp 120 ribu. Lumayan, selisih harganya Rp 175 ribu. Tapi sebanding dengan apa yang didapat.(motorplus-online.com)

Advertisements
This entry was posted in Serba-Serbi Otomotif and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s