Awas Slang Vakum Bensin Terlepas!

Awas slang vakum bensin terlepas

Motor bebek dan matik mengandalkan sistem pompa vakum dari isapan piston. Biasanya ada slang yang menempel di bagian intake manifold yang lalu terhubung ke mekanisme vakum ke tangki bensin. Ketika mesin hidup, maka isapan udara dari intake manifold akan menyedot bensin ke karburator dari tangki bensin.

Jika selang dari manifold ini terlepas, maka berhenti pula suplai bensin ke karbu dan mesin tidak bisa hidup. Kejadian lepasnya intake ini, bisa terjadi terutama di motor matik yang bagian mesinnya ikut mengayun sebagai bagian dari suspensi. Maka itu, enggak ada salahnya buat perhatikan kondisi slang vakum.

Sebab, gerakan naik-turun ini bisa saja bikin lepas slang vakum. Seperti di Yamaha Mio, yang posisi unit membran vakum berada di dekat sokbreker belakang. Meski sudah dibekali klem penjepit, tetapi akibat getaran bisa saja kendor dan lepas.

Hal sepele ini bisa bikin perjalanan terhambat, yang apesnya buat yang tidak tahu penyebabnya akan menuduh bagian lain yang bikin mesin tidak hidup. Misalnya, seperti busi, CDI atau karburator. (motorplus-online.com) 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: