Part CVT Honda PCX 150 dan Vario Techno 125, Sebelas Dua Belas!

Part cvt pcx = vario 125 1

Honda PCX 150 hadir di Tanah Air sebagai pengganti Honda  PCX 125 yang lebih dulu masuk. Meski demikian, perubahan pada sektor mesin yang dilakukan Honda di PCX 150 hampir 80% sama jika dibandingkan dengan mesin yang digunakan PCX 125.

Mesin Honda PCX 150 mengusung teknologi terbaru, yakni konsep eSP (enchanced Smart Power) engine yang ternyata mirip dengan mesin Honda Vario Techno 125 PGM-FI. “Kalau dengan Honda Vario Techno 125 PGM-FI, perbedaan mesin PCX 150 sekitar 20% saja” ujar Sarwono Edi, Technical Training Manager, PT Astra Honda Motor (AHM).

Jika begitu, mungkin antara PCX 150 dengan Vario 125 bisa saling substitusi dong. Terutama, di sektor CVT. Meski ada part yang sedikit berbeda, namun keduanya masih bisa saling substitusi tanpa ubahan apapun di dalam CVT. So, sebelas dua belas alias mirip-mirip!.

Part cvt pcx = vario 125 2

ROLLER
Baik PCX 150 ataupun Vario 125 PGM-FI sama-sama menggunakan roller dengan berat 18 gram. Dimensinya juga sama, jadi tinggal plek ajah kalau mau substitusi. Buat harga, roller PCX 150 dibanderol Rp 92 ribu satu set, sedangkan Vario hanya dibanderol Rp 52 ribu.

MANGKOK DAN KAMPAS KOPLING
Menurut sang mekanik misterius, yang ogah disebut namanya, bagian mangkok dan kampas kopling ganda kedua motor juga sama. Part ini bisa saling subtitusi tanpa perubahan apapun. Buat harga kampas kopling keduanya sama-sama di banderol Rp 285 ribu. Sedangkan untuk mangkoknya, punya PCX dibanderol Rp 176 ribu, dan Vario hanya Rp 110 ribu.

PER CVT
Ada yang berbeda di bagian ini. Per CVT Vario 125 memiliki dimensi yang lebih pendek ketimbang PCX. Per CVT PCX juga diklaim oleh si mekanik lebih kaku dibanding milik Honda. Meski berbeda, part keduanya masih bisa saling tukar tanpa ubah apapun. Per CVT PCX dibanderol Rp 34 ribu, dan Honda Vario 125 injeksi hanya dibanderol Rp 15 ribu.

BELT
V-belt kedua model memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Jadi, part ini juga bisa saling tukar saja. Masalah harga, V-belt Honda PCX dibanderol Rp 245 ribu. Sedangkan Vario 125 hanya dijual hampir setengah harganya, Rp 135 ribu.

PULLEY

Mekanik di dealer resmi Honda ini juga mengatakan, untuk pulley sama, hanya beda di bushing saja. “Baik ukuran sama bentuk keduanya sama, cuma bushing pulley PCX ukurannya sedikit lebih panjang. Kalau mau substitusi, kayanya sekalian aja sama bushing-nya,” tandasnya. Soal harga, pulley PCX dibanderol Rp 385 ribu. Pulley Vario 125, Rp 135 ribu.

Dari hal itu, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan part CVT PCX 150 dan Vario 125 PGM-FI hanya sedikit yang beda. Namun, masih bisa disubstitusi. Harga part Vario juga jauh lebih murah karena sudah diproduksi di Indonesia. Sedangkan part PCX masih import dari Thailand.(motorplus-online.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: