Modifikasi Filter Udara Honda Scoopy FI, Hemat dan Ngacir

Modif filter scoopy fi 1

Saringan udara Honda Scoopy PGM-FI asli pabrik menggunakan filter jenis basah. Tidak bisa dibersihkan dan harus ganti bila mencapai 15.000 km. Bagi yang senang otak-atik motor, dirasa kurang puas.

Pilihannya bisa menggunakan filter variasi. Seperti saringan udara merek Ferrox yang bisa dibersihkan, membuat jangka penggantiannya lebih lama. Namun sayang, filter Ferrox belum tersedia untuk Scoopy PGM-FI. Lho?

Tapi, tenang bro. Caranya bisa aplikasi dari motor lain. Seperti filter Ferrox untuk Yamaha V-ixion. Namun pastinya ada beberapa penyesuaian mengingat bentuk filter udara Scoopy FI sangat berbeda jauh dengan V-ixion.

Modif filter scoopy fi 2

Seperti yang dilakukan Bro Andy Hasten, salah satu anggota Octopus (Automotive Community Scoopy Kaskus). Cukup modal obeng plus untuk membuka box filter dan obeng minus untuk memisahkan filter kertas dari bingkainya. Serta lem epoxy.

Pertama, bongkar filter Scoopy yang di atas CVT dengan obeng plus. Akan terlihat filter asli Scoopy. Lepas dari posisinya (gbr. 1). Kemudian gunakan pisau cutter untuk memotong sisi kertas filter. Ukuranya selebar filter V-ixion (gbr. 2).

Pisahkan dengan cara mencongkolnya pakai obeng min. Dan rapikan dengan cutter. Lalu, pasangkan filter Ferrox V-ixion (gbr. 3). Lalu rekatkan dengan lem epoxy. Pasang kembali ke box filter. Dan Scoopy sobat siap ngacir dengan filter yang katanya lebih plong.  (motorplus-online.com)

Advertisements
This entry was posted in Serba-Serbi Otomotif and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s