Apa Penyebab Lampu Belakang Redup?

Penyebab lampu belakang redup 1OTOMOTIFNET – Sebut saja Tony Satria, salah satu pemilik Honda Supra 125 keluaran 2006 ini enggak sadar kalo lampu remnya mulai redup.

Ujung-ujungnya, dia hampir saja disosor kendaraan lain dari belakang. “Waduh, bahaya banget, Mas!” keluhnya.

Emang betul, begitu dicek, penerang buritan terlihat remang-remang seperti lampu lima watt. Alhasil, sinarnya kurang jelas.

Nah menurut Gunawan dari bengkel Gaber Motor (GM), penyebab lampu belakang enggak terang bisa disebabkan beberapa hal.

Penyebab lampu belakang redup 2

Maka untuk mendeteksinya, bisa dimulai dari bagian aki. Pasokan listrik  yang sudah gak stabil bisa bikin lampu belakang temaram. Nah solusinya, periksa tegangan aki dengan alat avometer (gbr.1).

“Avometer dipakai untuk melihat tegangan listrik yang ada pada sumber listrik motor atau aki. Tegangan yang sesuai dan ideal yakni berkisar 12-12,3 Volt. Kalau kurang dari itu, tandanya aki harus dicharge. Dan jangan lupa bersihkan juga bagian konektornya dari kerak oksidasi,” urai Gunawan.

Penyebab lampu belakang redup 3

Bagian lain, seperti kabel lampu juga bisa jadi biang kerok. “Cek semua kabel yang berhubungan denga lampu belakang. Mungkin ada sambungan kabel yang bikin arus utama dari aki ke lampu belakang terganggu,” bilang pria yang kasih solusi baiknya kabel bodi utama diatur ulang.

Penyebab lampu belakang redup 4Masih remang-remang juga? Kalo gitu cek pemicu lainnya! Hal yang dimaksud adalah bagian soket-soket kabel (gbr.2) yang mengarah ke lampu belakang. Soket yang longgar bisa bikin arus tak stabil yang akhirnya bikin lampu belakang redup

Pastikan semua soket terpasang dengan benar dan kencang. Selain itu, mumpung soket lagi ‘dibedel’, sekalian saja bersihkan pakai cairan penetran yang banyak tersedia di pasaran dan dibanderol di kisaran Rp 25-100 ribuan.

Masih sayu juga? Coba cek bagian fitting lampu belakang (gbr.3) pada rumah bohlam. Mungkin di saat pemasangan bohlam, peranti tersebut dipasang dengan posisi yang salah. Ini biasa terjadi kalau saat pemasangan bohlam diputar salah arah.

Fitting lampu juga bisa dicek pakai avometer. “Kalau berkarat, tinggal bersihkan pakai ampelas halus dan semprot cairan penetran,” tutup Gunawan yang bukan artis Syahrul Gunawan ini

Data tersebut diambil dari motorplus.otomotifnet.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: